Tips Membeli Smartphone Terbaik Dengan Budget Terbatas


Di era digital seperti sekarang ini, smartphone Android telah menjadi sebuah kebutuhan primer bagi kebanyakan orang, khususnya mereka yang tinggal di daerah perkotaan.
Selain sebagai alat komunikas, smartphone juga telah menjelma menjadi salah satu media hiburan yang paling banyak digunakan saat ini berkat berbagai fitur dan aplikasi yang ditawarkan.
Setelah mengetahui pentingnya smartphone Android itu sendiri, sebagian besar dari kita tentunya pasti akan langsung berpikir untuk membeli smartphone Android sesuai dengan keinginan kita. Memang, hingga saat ini ada banyak brand smartphone Android yang menawarkan kelebihan masing-masing.
Tapi mengingat sebagian besar dari masyarakat Indonesia adalah kelas menengah, tentunya akan lebih baik jika mempertimbangkan sejumlah faktor dan membaca terlebih dahulu artikel-artikel mengenai tips membeli smartphone terbaik dengan budget yang terbatas.
Nah berikut ulasannya : 
1. Jangan Mementingkan Brand

Oke, hal pertama yang harus kalian ingat ketika hendak membeli smartphone Android adalah brand. Kenapa? Ya, pada umumnya sebagian orang masih terpaku pada brand dalam membeli smartphone karena nama besar dari brand tersebut dan tentunya juga karena gengsi.
Padahal, brand smartphone itu sendiri tidaklah menjamin kualitas dari smartphone Android tersebut. Memang, beberapa brand terkenal seperti Samsung, Sony, Apple, dan sebagainya bisa dibilang selalu menjaga kualitas produk mereka. Tapi sekali lagi ingat, karena di sini budget yang kalian miliki terbatas, akan jauh lebih baik jika selalu fokus pada spefisikasi smartphone yang kalian beli, bukan pada seberapa terkenal brand smartphone.
Jika kalian mengikuti saran ini, hanya dengan budget sekitar Rp2.000.000 atau Rp3.000.000, kalian harusnya bisa mendapatkan smartphone yang oke banget dari berbagai aspek, walaupun brand yang kalian dapatkan tidak begitu terkenal.
2. Sesuaikan Spesifikasi Dengan Budget 

Hal berikutnya yang tidak kalah penting dan wajib kalian pertimbangkan ketika hendak membeli smartphone Android baru adalah spesifikasi.
Spesifikasi menjadi suatu hal yang sangat wajib kalian utamakan karena menyangkut peforma dan ketahanan smartphone itu sendiri. Jika budget kalian terbatas, tentunya kalian tidak perlu mematok spesifikasi smartphone Android high-end dan cukup berpatokan pada spesifikasi smartphone Android low-end atau mid-end saja.
Lebih spesifik, dengan budget terbatas yang kalian miliki, kalian cukup mematok spesifikasi RAM sekitar 1-2 GBsaja, karena umumnya smartphone Android di kelas low-end atau mid-end sudah memiliki ukuran RAM sekitar itu.
Jangan lupa cek juga spesifikasi kamera untuk kalian yang memang mencari fitur kamera dari sebuah smartphone Android. Kalian cukup mematok spesifikasi 5 MP-13 MP untuk kamera smartphone Android yang akan kalian beli.
3. Utamakan Smartphone Dengan Jaringan LTE

Terlepas dari masalah brand dan masih berkaitan dengan spesifiksai, hal yang patut kalian utamakan ketika membeli smartphone Android adalah masalah konektivitas.
Pastikan kalian mengutakan membeli smartphone Android dengan konektivitas jaringan 4G. Kenapa demikian? Hal ini berkaitan dengan provider jaringan di Indonesia yang menawarkan berbagai paket jaringan 4G yang lebih murah dibandingkan paket jaringan 3G.
Dengan kata lain, membeli smartphone Android dengan konektivitas 4G secara tidak langsung dapat memberikan kalian keuntungan berkaitan dengan biaya konsumsi paket data.
Pengalaman dari Jaka sendiri yang membeli smartphone Android dengan konektivitas 3G, Jaka harus mengeluarkan uang ekstra hanya untuk membeli paket data sebesar 18 GB dari provider setiap bulannya. Sementara jika menggunakan 4G, cukup dengan Rp 100 ribuan saja sudah bisa menikmati paket data dalam jumlah yang sama besarnya.
4. Sebaiknya Jangan Membeli Smartphone Yang Baru Rilis

Hal berikutnya yang patut kalian pertimbangkan ketika hendak membeli smartphone Android dengan budget yang terbatas adalah masalah waktu rilis smartphone Android tersebut.
Umumnya, smartphone Android yang baru dirilis dalam kurun waktu 3 tiga bulan terakhir akan memiliki harga yang jauh lebih tinggi ketimbang jika kalian membeli smartphone Android yang telah rilis setahun atau lebih.
Penglaman dari Jaka, ketika membeli smartphone Android pada tahun 2014, harga smartphone yang Jaka beli tersebut masih sekitar Rp 2,3 juta karena perilisan resmi dari smartphone Android pilihan Jaka itu baru beberapa bulan sebelumnya. Namun, ketika Jaka mengecek kembali harga smartphone Android yang sama beberapa bulan belakangan ini, harganya terus turun dan malah berkisar di Rp 1,9 juta hingga Rp 2 jutaan saja.
Cukup terasa kan perbedaan harganya? Apalagi buat kantong-kantong yang budgetnya terbatas. Jadi, pastikan kalian cek terlebih dahulu tanggal rilis smartphone yang akan menjadi pilihan kalian.
5. Jangan Lupa Ingat Budget Dan Pertimbangkan Smartphone Bekas

Nah, ini nih, bagian yang paling penting. Ketika membeli smartphone, apa pun brand dan spesifikasi smartphone yang akan kalian beli, pastikan kalian memiliki batasan budget.
Hal ini penting untuk tetap menjaga dompet kalian agar tidak kebablasan saat membeli smartphone Android yang kalian inginkan, padahal harusnya kalian membeli smartphone Android yang kalian butuhkan.
Cukup batasi budget kalian di kisaran Rp 1,8 hingga Rp 3 juta saja, bergantung pada kemampuan kalian. Jaka rasa dengan budget seperti itu kalian sudah bisa mendapatkan smartphone Android murah dan cukup tangguh untuk memenuhi kebutuhan kalian.
Kalaupun kalian tetap menginginkan smartphone Android yang spesifikasinya berada di atas budget kalian, cobalah mempertimbakan membeli smartphone bekas yang kondisinya masih bagus dan layak pakai.
Yup , itu adalah beberapa tips buat kalian yang ingin membeli smartphone baru yang canggih namun dengan budget minim. Yang paling penting adalah dahulukan kebutuhan daripada keinginan.

Dikutip dari  : jalantikus.com

Komentar